Tips saat ban kempis di jalan

21.19
     Apa yang anda lakukan jika ban mobil anda kempis di saat sedang buru buru?panik?kesal?terdiam?padahal jika anda tahu trik nya anda tidak perlu panik

1. Saat ban tiba-tiba kempis di lalu lintas yang padat,jangan panik.hal pertama yang harus anda lakukan      adalah menepikan mobil anda ke tempat yang aman.Posisikan di bidang yang rata agar tetap seimbang   saat diangkat.Jika di pinngir jalan tol roda kanan yang bocor posisikan sisi kiri mobil sebagian di   rumput.sisakan sisi yang bocor di aspal untuk pengerjaan agar lebih aman

2. pastikan posisi rem tangan di tarik dan masukkan perseneling gigi ke 1.atau geser tuas ke P.Untuk mobil matik.Atau bisa juga dengan mengganjal ban dengan batu supaya mobil tidak bergeser nanti nya.

3. Letakkan rambu segitiga peringatan di bagian belakang mobil.Jarak ideal nya sekitar 20 meter atau langkah

4. Siapkan dongkrak dan keluarkan ban cadangan.Pastikan kondisi ban serep bagus.

5. Jika ada penumpang lain di dalam mobil sebaiknya turun dan menjauh dari mobil."Cari posisi yang aman dari lalu lalang kendaraan"

6. Pastikan area tempat dongkrak berdiri adalah area yang padat.Supaya dongkrak tidak amblas ketika tumpuan beban telah berpindah dari ban ke kaki dongkrak

7. Cari Titik tumpu yang tepat di beberapa bagian mobil.Seperti di rangka bodi bawah,tulang sasis(ladder frame) atau di lubang untuk memasukkan dongkrak yang sudah di sediakan seperti pada mobil-mobil buatan Eropa.

8. Setelah dongkrak berada di tempat nya.naikan hingga menyentuh rangka. Jangan sampai roda terangkat.  Lalu kendurkan baut roda.  Kemudian baru naikan dongkrak hingga roda terangkat. Ban yang kempis dilepaskan dan letakkan di samping dongkrak di bawah mobil. Fungsinya sebagai pengaman jika dongkrak rubuh. Lantas ganti ban kempis dengan serep.


9. Kemudian pasang baut roda tapi jangan langsung dikencangkan. Pengencangan baut baru dilakukan jika roda telah diturunkan dan dongkrak dilepaskan. Lakukan dengan posisi menyilang agar tekanannya rata.

 10. Pastikan untuk menaruh kembali peralatan dongkrak pada tempatnya. Hal ini perlu demi mencegah alat-alat itu terlempar ketika mobil sedang berjalan.Silahkan melanjutkan perjalanan Anda.
Tolong jangan di Copas ya!!


SELESAI








Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berkomentarlah secara dewasa,
Mencantumkan link aktif di komentar akan saya hapus

Terima kasih ^_^

EmoticonEmoticon